Lain lagi menurut survei JD Power & Associates. Melejitnya pemasaran VW karena penopang utamanya China yang pasarnya melesat sampai 20 persen menjadi 2,3 juta unit dan 116.000 unit di India tahun ini. Jumlah dari kedua negara itu sama dengan sepertiga penjualan VW di seluruh dunia.
Kondisi ini berbanding terbalik untuk Toyota. Bencana banjir susulan di Thailand memaksa produsen mobil terbesar di Jepang itu menghentikan produksi di negeri gajah putih itu dan dipastikan mengganggu pasar bukan cuma di ASEAN.
"Negara dengan pasar berkembang punya potensi pasar otomotif yang besar dan masih banyak konsumen yang belum punya mobil. Dan VW lebih fokus menggarap pasar berkembang," beber Jenny Gu, analis senior dari JD Power di Shanghai, China.
2012
Menurut lembaga peneliti IHS, Toyota bisa kembali merebut tahta produsen terbesar di dunia pada 2012 kalau produksi di luar Jepang pulih total dan menjual 8,4 juta unit. Jumlah ini diprediksi lebih banyak 500.000 unit ketimbang VW. Tapi, JD Power menilai VW masih tetap berpotensi memimpin, unggul 50.000 unit dari Toyota.
sumber : http://otomotif.kompas.com/
0 komentar:
Posting Komentar
Silahkan beri comment Anda. Klik +1 jika Anda menyukai artikelnya.